Alat Dan Bahan Untuk Membuat Bibit Semai Jamur Tiram

 

 

Bibit semai jamur tiram dalam pembuatannya, dibutuhkan ruang produksi bibit yang semi permanen, yakni setengah tembok, beratap genteng, dan berdinding, jendela, serta pintu berupa anyaman bambu. Ruangan ini dianggap ideal untuk pertumbuhan miselium . Adapun peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat bibit semai jamur tiram adalah sebagai berikut :

Peralatan Membuat Bibit Semai jamur Tiram

1)        Alat penyaring

Alat penyaring yang digunakan untuk menyaring bahan baku media bibit semai, yakni kayu gergaji. Alat penyaring manual yang sering digunakan biasanya terbuat dari kasa kawat sederhana.

Tujuan dari penyaringan adalah untuk memisahkan serbuk gergaji dari bahan pengotor lain. Apabila menggunakan jerami, sebaiknya jerami dicacah secara manual maupun menggunakan alat trasher  atau chopper dan pemotong mekanis.

2)        Timbangan atau alat penakar

Oleh karena kegiatan utama dari pembuatan bibit semai adalah membuat baglog yang membutuhkan volume bahan baku dan bahan pembantu yang cukup besar maka dibutuhkan timbangan besar dengan kapasitas seberapa kwintal. Timbangan ini digunakan untuk menimbang bahan tambahan seperti bekatul, kapur, gips dan pupuk SP 36. Ember bervolume 25 liter juga bisa digunakan sebagai penakar bahan media  atau air yang digunakan untuk menjaga kelembapan media. Penggunaan penakar didahului dengan penimbangan, kemudian dimasukkan ke dalam ember takar supaya diketahui berapa takaran untuk berat tertentu. Selanjutnya semua bahan bisa ditakar dengan perbandingan tertentu tanpa harus menimbang lagi.

Bibit Semai Jamur Tiram

Bibit Semai Jamur Tiram

3)        Alat pencampur bahan

Dalam skal kecil, untuk mencampur bahan bisa menggunakan cangkul dan sekop. Namun dalam skala yang lebih besar lagi, untuk memperoleh campuran media yang lebih homogen, digunakan alat pengaduk mekanis.

4)        Alat pengemas

Pengemas yang digunakan untuk membuat baglog berisi bibit semai adalah platik kemasan berukuran 1 kg, 1,5 kg atau kemasan yang lebih besar. Plastik kemasan yang digunakan biasanya plastik polipropilen/PE dengan ketebalan minimal 0.5 mm.

Peralatan untuk mengangkut bibit semai Jamur Tiram

Dalam skala besar, baglog yang diproduksi bisa mencapai ribuan. Oleh karena itu untuk memindahkan baglog ke tempat sterilisasi atau ketempat inkubasi atau ketempat penyimpanan bisa memanfaatkan kereta dorong/troli.

 

Anda dapat mempelajari berbagai informasi seputar jamur tiram dan bagaimana peluang usahanya. Baca juga informasi lain seputar peluang bisnis jamur tiram di  JamurTiramm.com

Incoming search terms:

bahan-bahan untuk membuat bibit jamur tiram,Bahan bibit jamur,cara dan bahan pembuatan bibit jamur,bahan bahan yg dibutuh untuk membuat bibit jamur,www bahan baku bibit jamur tiram com,harga alat pengaduk media baglog,alat alat yang diperlukan untuk menanam bibit,bibit jamur manual,bahan-bahan untuk membuat bibit jamur,Kapur apa yang di gunakan untuk Pembuatan bibit jamur